Perdana, Pj Bupati Sandi Fahlepi Tinjau Jalan Rusak di Jirak Jaya

JIRAK JAYA – Di tengah hari weekend pertama nya di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Penjabat (Pj) Bupati Muba H Sandi Fahlepi, langsung melakukan peninjauan perbaikan infrastruktur Jalan di Desa Talang Mandung Kecamatan Jirak Jaya, Sabtu (27/4/2024).

Saat tiba di lokasi, Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi terlihat sangat antusias berdialog dengan warga sekitar dan meninjau langsung kondisi jalan. Sandi juga mendengarkan keluhan warga terkait dampak kerusakan jalan terhadap aktivitas sehari-hari mereka.

Menanggapi keluhan tersebut, Pj Bupati Muba ini menegaskan komitmennya untuk segera menyelesaikan perbaikan jalan yang rusak. Dengan menginstruksikan kepada Dinas PUPR Muba untuk bekerja secara maksimal dan menyelesaikan perbaikan sesegera mungkin.

“Jadi hari ini kita melakukan peninjauan melihat langsung kondisi jalan rusak yang saat ini sedang dalam perbaikan di desa Talang Mandung. Kunjungan ini merupakan langkah konkret dalam merespon keluhan masyarakat terkait kondisi jalan yang memprihatinkan di beberapa daerah,”kata Sandi.

Pj Bupati Sandi Fahlepi juga menekankan pentingnya koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut, untuk berkontribusi dalam perbaikan jalan.

“Perbaikan jalan rusak di Kabupaten Muba merupakan salah satu program prioritas yang dicanangkan oleh Pemkab. Untuk itu, akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di seluruh wilayah Muba, demi mewujudkan Muba yang Maju bersama,”ungkapnya.

Kepala Dinas PUPR Alpa Elan SST MPSDA mengatakan perbaikan ruas jalan di Kecamatan Jirak Jaya dalam waktu dekat akan segera dimulai. Pemkab Muba melalui Dinas PUPR akan melakukan lelang perbaikan jalan tersebut, yang mengucurkan anggaran sebesar Rp18 Miliar untuk kedua ruas jalan tersebut.

“Desa Jirak – Mekar Jaya akan disiapkan Rp10 Miliar dan Desa Layan – Bangkit Jaya Rp8,3 Miliar dengan menggunakan dana APBD Induk Tahun Anggaran 2024,” ungkapnya.

Lanjutnya, proses kontrak pengerjaan perbaikan jalan akan segera dilakukan, dan untuk menyiasati kondisi ruas jalan yang rusak saat ini, pihak Kecamatan Jirak Jaya bersama perusahaan akan melakukan perbaikan darurat.

“Agar aktifitas masyarakat tidak terganggu, jadi melalui Camat Jirak Jaya melibatkan perusahaan di daerah sekitar melakukan perbaikan darurat,” ulasnya.

Ia merinci, untuk jalan Jirak – Mekar jaya yakni Beton dengan Panjang 1.470 m, Lebar 5 m, dan Tebal 25 cm. “Kemudian, jalam Layan – bangkit jaya Beton dengan Panjang 1.230 m, Lebar 5 m, dan Tebal 25 cm,” urainya.

Selain itu, untuk kondisi jalan Desa Talang Mandung sudah diusulkan untuk dibangun pada tahun anggaran 2025. “Sudah diusulkan dan akan menjadi prioritas,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Talang Mandung, Lilin Ardini mengatakan bahwasanya jalan ini merupakan satu-satunya jalan yang dilewati oleh masyarakat. “Untuk itu, kami
berharap penuh dilakukan perbaikan jalan. Kami sangat berterima kasih kepada pak Bupati Sandi Fahlepi telah mengunjungi langsung dan merespon sangat baik,”tandasnya.

Dalam tinjauannya, Pj Bupati Sandi Fahlepi didampingi oleh beberapa pejabat terkait, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muba Alva Elan SST MPSDA, Camat Jirak Jaya Andi Suharto SSTP MSi, Plt Kepala Bappeda Kabupaten Muba Sunaryo SSTP MM, Kabag Protokol, Muhammad Agung Perdana SSTP Msi, Kepala Dinkominfo Muba diwakili Kepala Bidang Komunikasi Publik Achmad Kartiko Buwono SE MM, Kasat Pol PP Erdian Syahri, diwakilkan, Fungsional Ahli Muda Sat Pol PP Arizal.