Cetak Uang Palsu untuk Keperluan Sehari – hari

PALEMBANG – Seorang pria bernama Teguh (49) mampu mencetak uang palsu nominal Rp 100 ribu sebanyak Rp 50 juta per harinya.

Warga Lorong Mufakat Kelurahan 15 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Palembang ini sudah dilakoninya selama sebulan sebulan belakangan.

Dari pengakuan pelaku, dengan bermodalkan kertas juruselang dan cat clear kaleng untuk mengeraskan kertas yang sudah di cetak menggunakan printer, diketahui dirinya belajar dari salah satu temanya di daerah Bandung,

“Saya gunakan untuk keperluan sehari-hari, dan sudah saya belanjakan sebanyak Rp 20 juta untuk beli sepatu dan keperluan hidup lainnya,” katanya.

“Saya cetak uang biasanya kalau lagi ada keperluan atau kebutuhan hidup,dan itu juga tidak saya kerjakan terus, kalau di kalau sehari bisa sampai Rp 50 juta dan saya cuma mencetak uang Rp 100 ribu saja,” jelasnya.

Sementara itu Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji mengatakan, setelah adanya informasi tentang peredaran uang palsu di media sosial maka pihaknya menurunkan tim untuk melakukan penyelidikan terhadap informasi tersebut.

“Setelah mengumpulkan informasi lebih lengkap, tim langsung bergerak melakukan penangkapan terhadap pelaku, sementara untuk korban dan berapa banyaknya uang yang sudah beredar masih kita lakukan pengembangan,” tuturnya.

Dari pengakuan pelaku uang yang sudah di belanjakan sebanyak Rp 20 juta dengan nominal Rp 100 ribu.

Sementara barang bukti yang berhasil ditangkap yaitu uang Rp 100 ribu sebanyak 72 lembar, satu unit printer, sepatu clear semprot. (amd)