PT Bukit Asam Gelar Pelatihan UMKM

Palembang – PT Bukit Asam Tbk melalui Rumah BUMN Bukit Asam Banyuasin menggelar pelatihan bagi pelaku UMKM sektor perkebunan.

Pelatihan itu bertema Pelatihan Teknik Pemupukan dan Pemanfaatan yang diikuti 25 peserta UMKM Binaa di Halaman Rumah di Gedung Balai Pertemuan UPPB Karya Bersama, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (1/4) sore.

Dalam Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Fajrian Ramadhan, Selaku Pengelola Rumah BUMN Bukit Asam Banyuasin.

Menurut Fajri, acara kegiatan ini dilaksanakan agar para mitra binaan bisa mendapatkan ilmu bagaimana cara pemupukan yang baik dan benar, dan disamping dari itu mitra binaan bisa memanfaatkan sebagian halaman depan rumah masing-masing agar bisa ditanami sayur-sayuran dengan metode sederhana.

Sebagai komitmen PT Bukit Asam Tbk yang selalu mensupport kegiatan-kegiatan serta pendampingan bagi UMKM agar dapat naik kelas.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud kepedulian PT Bukit Asam Tbk sebagai salah satu BUMN yang ada di Indonesia kepada UMKM, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sarana silatuhrami antar UMKM mitra binaan,” ungkapnya,

Pelatihan yang dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 wib dilangsungkan pemberian materi oleh narasumber.

Dalam kegiatan ini Rumah BUMN Bukit Asam Banyuasin menghadirkan narasumber yang dimana beliau merukan penyuluh milenial dan berkerja di Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin serta sebagai wakil DPW PERHIPTANI Sumsel Anton Hermadi.

Anton menjelaskan ada banyak jenis pupuk dan cara pemberian pupuk pada tanaman, salah satunya dengan 5T (Tepat jenis. Tepat dosis, Tepat waktu, Tepat tempat, dan Tepat cara).

“Serta untuk pemanfaatan halaman rumah banyak yang bisa dilakukan salah satunya yaitu bududaya tanaman sayur, buah, toga dan lumbung hidup dan ternak,”pungkasnya.