HD: Literasi Pelajar Menjadi Inisiator Sadar Hukum Bagi Masyarakat

Palembang – Gubernur Sumsel H Herman Deru katakan upaya meningkatkan kesadaran hukum dapat dilakukan dengan cara memberikan literasi hukum yang dimulai dari personal, kemudian ke keluarga dan lingkungan bertempat di SMAN 1 Palembang, Rabu, (16/11/2022).

Dengan begitu ditargetkan HD, warga Sumsel dapat menjadi warga yang sadar dan taat hukum. Hal tersebut dituturkannya saat membuka Lomba Kadarkum bagi Pelajar Tingkat SLTA Se-Sumatera Selatan Tahun 2022.

“Kesadaran hukum dimulai dari ketertiban individu masing-masing, apapun produknya baik Undang-Undang ataupun peraturan apapun jika tidak ada keinginan individu mematuhi maka akan sia-sia. Ini harus ditanamkan kepada para pemuda. Karena Blkegitu banyak korban materi bahkan nyawa akibat kurangnya kesadaran hukum,” ujarnya.

HD mengapresiasi langkah Biro Hukum bersama mitra-mitranya menyelenggarakan kegiatan ini sebagai salah satu cara memperbaiki masa depan yang dimulai dari pemuda.

“Saya ajak para kepsek dan guru ayo kita benahi, literasi hukum harus dimulai dari keluarga. Semua sama di mata hukum baik perdata dan pidana. Kesadaran hukum harus ditanamkan sejak pendidikan dasar hingga perguruan tinggi,” katanya.

Langkah selanjutnya, HD mengintruksikan Biro Hukum membentuk kelompok-kelompok sadar hukum dalam lingkup Pemprov Sumsel seperti darma wanita sadar hukum, komunitas sadar hukum dan lainnya.

“Saya ingin semua pihak mengelola lingkungannya dengan cara meliterasi hukum. Mudah-mudahan melalui lomba kadarkum kita akan mendapatkan pelajar-pelajar dengan kesadaran hukum yang baik,”tandasnya.

Karo Hukum Sumsel, Drs Syahrullah, SH., MSi, katakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi pelajar SLTA. Sehingga dapat mengantisipasi kejahatan sosial di kalangan generasi hukum. Sekaligus meningkatkan kesadaran hukum bagi pelajar Sumsel sehingga dapat menurunkan angka kriminalitas di Sumsel.

Peserta dalam kegiatan ini berasal dari pelajar dari 17 kab/kota di Sumsel. Dan menghadirkan narasumber yang berasal dari Kejaksaan Tinggi Sumsel, Polda Sumsel, Kemenkumham, Disdik, dan Biro Hukum.

Dalam kesempatan itu, HD juga mengukuhkan Kelompok Sadar Hukum bagi SLTA dan komunitas pelajar penggiat Hukum dan HAM tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2022 terdiri dari perwakilan pelajar SLTA kab/kota.