Berkaca dari Indra Bekti, Kemenkes Ingatkan Gaya Hidup Sehat dan Kelola Stres

Jakarta – Kabar sedih datang dari selebriti dan presenter Indra Bekti yang tak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit karena mengalami stroke pecah pembuluh darah.

Berkaca dari kondisi yang dialami Indra Bekti, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan pentingnya melakukan gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit tak menular (PTM)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi juga mengingatkan pentingnya mengelola stres dan istirahat yang cukup.

“Kami selalu gencar menyuarakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan PHBS. Ingat kita punya Cerdik, yaitu cek kesehatan secara rutin, enyahkan asap rokok, rajin berolahraga/aktivitas fisik, diet seimbang yang sehat, istirahat yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh dan usia kita, kelola stres,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (28/12).

Dalam laman Promosi Kesehatan Kemenkes disebutkan menjaga kesehatan merupakan suatu hal yang penting untuk setiap individu. Menjaga tubuh agar tetap sehat, dapat menghindarkan dari berbagai penyakit tidak menular seperti obesitas, penyakit jantung, stroke, hingga hipertensi.

Perilaku Cerdik adalah perilaku sehat yang mampu membantu seseorang atau kelompok masyarakat yang memiliki risiko PTM, agar dapat terhindar dan mendapatkan kualitas kesehatan lebih baik. Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta bersegera dalam melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala penyakit.

“Cek kesehatan rutin. Dan segera periksa jika mengalami gejala agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat, tepat, dan sesuai dengan hasil diagnosa dari gejala yang muncul,” tutup Nadia. (net)