Sosialisasikan GSMP Ke Penerima Manfaat

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru (HD) menyerahkan penghargaan kepada para keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah mampu keluar dari zona keluarga penerima manfaat menjadi keluarga mandiri.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh HD pada saat menghadiri kegiatan Capacity Building SDM PKH Sumsel Tahun 2023 di Wisma Atlit JSC Palembang, Senin (9/1/2023).

Dalam kesempatan itu pula, HD selaku orang yang menginisiasi program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan atau lebih dikenal dengan GSMP, mengajak 1.200 orang pendamping PKH yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota untuk mensosialisasikan GSMP kepada keluarga penerima manfaat sembari memberikan pendampingan.

Menurutnya GSMP merupakan program yang sejalan dengan tujuan pendampingan PKH yaitu sama – sama bertujuan untuk mengentaskan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumsel.

“Saya tidak menyangka bahwa acara ini begitu mengena, bahwa disetiap profesi itu ada kemuliaan, pendamping PKH merupakan profesi yang sangat mulia. Pendamping PKH merupakan pekerjaan yang sangat vital. Alokasi anggaran pemerintah yang sangat besar akan menjadi sia – sia tanpa adanya pendampingan”, tutur HD.

Dilanjutkan HD, Graduasi tidak terjadi bertahun – tahun sebagai penerima manfaat. Maka diperlukan pendampingan. Dan tentunya pendamping juga membutuhkan ilmu, pengetahuan dan wawasan. Dan yang kita selenggarakan hari ini merupakan salah satu hal untuk meningkatkan kemampuan para pendamping. Saya harap wawasan demi wawasan yang terus dibangun ini untuk dilaksanakan dilapangan dan tidak kaku”, ucap HD.

HD juga menambahkan salah satu cara dalam mengakselerasi kesejahteraan pada masyarakat ialah GSMP, ia berharap para pendamping disela waktu kerjanya dapat mensosialisasikan program GSMP kepada penerima manfaat agar kesejahteraan yang menjadi tujuan dapat segera tercapai.