Plt Bupati Paparkan 5 Langkah Strategis Pemkab Muara Enim Menuju Birokrasi Kelas Dunia

Muaraenim – Kuliah Umum bersama Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Sriwijaya (Unsri) dengan tema “Tata Kelola Pemerintahan Daerah Menuju Birokrasi Kelas Dunia”, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim paparkan 5 (lima) langkah strategis Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam menjalan birokrasi pemerintahan, Selasa (7/3) di Ruang Prof. Djuani Mukti, UPT Lab Bahasa Kampus Bukit Besar Palembang

Pada kegiatan kuliah umum yang dihadiri Dekan Fisip Unsri, Prof. Dr. Alfitri., M.Si., pagi itu tak hanya kiat-kiat yang ditempuh Pemkab. Muara Enim menuju birokrasi kelas dunia, Plt Bupati juga memberikan  motivasi dan berbagi pengalaman kepada mahasiswa/i Fisip Unsri kala dulu semasa dirinya menimba ilmu di luar negeri.

Adapun dijelaskan oleh Plt Bupati lima langkah strategis yang telah ditempuh jajaran Pemkab. Muara Enim untuk menuju birokrasi kelas dunia yakni pertama adalah mengaktifkan prasarana dan sarana Informasi dan Komunikasi (Inforkom) yang serba digital demi kerja tepat, cepat dan cermat. Kedua yaitu menyiagakan kekuatan SDM disetiap OPD, UPT dan Perusahaan Daerah dengan SOP 3-tingkatan demi efektifitas Management Clean Goverment.

Ketiga lanjut Plt.Bupati secara rutin dan berkala dilaksanakan rapat koordinasi terbatas tematik. Kemudian keempat adalah siap mendaya-gunakan kerjasama OPD Kabupaten/Kota dan perguruan tinggi dan terakhir kelima adalah selalu mengaktifkan kerjasama OPD dengan Kamar Dagang Indonesia Daerah (KADINDA) guna memberikan praktis perniagaan ekspor kepada UMKM daerah (BUMDes).

Berhasil pukau para audiens yang merupakan gabungan dari para mahasiswa S1, S2 dan S3 Plt Bupati disambut dengan tepuk tangan yang meriah, serta diakhir acara sebagai wujud apresiasi karena telah memberikan kuliah Umum bagi para Mahasiswa/i Fisip Unsri pagi itu, Plt Bupati menerima plakat dan piagam yang diserahkan secara langsung oleh Dekan FISIP Unsri.