Polsek Palabuhanratu dan Polsek Cikembar Amankan Kegiatan Ibadah di Gereja

SUKABUMI – Guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas di bulan Suci Ramadhan, Polsek Palabuhanratu melakukan pengamanan kegiatan Ibadah Gereja di wilayah hukum nya, Minggu (2/04/23).

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede melalui Kapolsek Palabuhanratu Kompol Mangapul Simangunsong menuturkan pengamanan diberikan guna menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan nyaman pada saat ibadah bagi masyarakat khususnya para Jema’ah Gereja.

“Agar masyarakat merasakan perlindungan dan pengayoman pelayanan kepolisian Khususnya oleh Polsek Palabuhanratu, yang merupakan menjadi bagian tugas untuk mengamankan wilayah tersebut,” katanya.

Lanjut Kompol Mangapul bahwa selalu perintahkan anggota nya untuk mengamankan tempat – tempat ibadah Gereja di wilayah hukumnya agar terciptanya situasi Kamtibmas di wilayah Palabuhanratu tetap terjaga sesuai dengan Progam Kapolres yaitu Aa Dede (Agamis, Aman, Dedikasi, Empaty, Damai,  Efektif dan Efisien).

“Adapun tempat ibadah yang berada di wilayah hukum Polsek Palabuhanratu yakni Gereja GAKSIA, Gereja HKBP, Gereja GPIB, Gereja GPIB Karangsari dan Gereja Katolik ST. Fransiskus Asisi,” jelasnya.

Tambahnya, sebagian petugas di perintahkan  patroli untuk cek situasi keamanan Gereja, tidak hanya keliling wilayah rawan kejadian. “Petugas Polsek Palabuhanratu Aipda Dani Hidayat (Panit Sabhara) dan Aipda Taufik Hadianto (Panit Binmas) sesuai dengan arahan melakukan patroli kontrol kesetiap Gereja – Gereja merupakan bagian dari tugas,” tukasnya.

Sambung Kompol Mangapul, lalu amankan daerah kerawanan Kamtibmas dan lakukan pendekatan berbincang situasi Kamtibmas bersama jemaah Gereja, “Agar di bulan Suci Ramadhan aman serta dengan kedekatan Polri khususnya Polsek Palabuhanratu masyarakat terasa dan bermanfaat dan tidak segan guna menyampaikan Informasi situasi Kamtibmas,” ujarnya.

Giat berjalan aman dan kondusif, “Situasi pun terasa aman dan nyaman bagi para jemaah gereja tersebut dengan kehadiran petugas patroli pada saat itu,” pungkasnya.

Ditempat lain, Polsek Cikembar Polres Sukabumi mendatangi dua Gereja yang ada di wilayah Kecamatan Cikembar, Minggu (2/04/23) dipimpin langsung Kapolsek Cikembar AKP R. Panji Setiaji bersama anggotanya melaksanakan pengamanan di Gereja Pantekosta dan di Gereja Kristen Pasundan, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.