Bupati Askolani Hadiri Rakor Kecamatan Tetap Jalin Sinergitas

MUARA SUGIHAN – Bupati Banyuasin H. Askolani, SH.,MH kembali melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) ke-16 tingkat Kecamatan dalam rangka koordinasi sinergi pelaksanaan kegiatan Pemerintah dengan perangkat daerah serta instansi vertikal untuk mewujudkan Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera yang diselenggarakan di Desa Beringin Agung, Kecamatan Muara Sugihan, Senin (7/8).

Rakor merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Banyuasin setiap tahunnya yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan menjalin kedekatan bersama masyarakat di 21 Kecamatan dalam meningkatkan pelayanan publik, juga melihat langsung kondisi dan situasi di setiap Kecamatan mengenai permasalahan apa saja yang ada agar dicarikan solusi untuk kedepannya.

Mengawali sambutannya Bupati Banyuasin H. Askolani menyampaikan Rakor dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dan menjalin silaturahmi, mengetahui harapan keinginan, kritikan terhadap pembangunan. Rakor dilakukan untuk membuat strategi dalam membangun dan melayani masyarakat di setiap Kecamatan dan desa juga memupuk kebersamaan agar bersatu dalam membangun negeri ini.

“Melalui rakor ini semua nya harus bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, adanya rakor diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang mampu mewujudkan situasi dan kondisi yang kondusif ditengah-tengah masyarakat dan tetap menjalankan semua program yang telah dicanangkan selama ini,” katanya.

Adapun permasalahan yang ada di Kecamatan Muara Sugihan mengenai Dana APBD kita ada 2,1 Triliun kalau tidak menggunakan terobosan yang baru mana bisa kita membangun semua pelayanan masyarakat dengan baik dan pembangunan merata. Perlu diketahui di Kecamatan Muara Sugihan sudah turun tim dari pusat untuk membangun jalan poros di Kecamatan Muara Sugihan, sehingga akan teralisasi di tahun 2023-2024 pembangunan infrastruktur. Lapangan bola voli, kantor desa bisa dibangun melalui anggota DPRD dari dana aspirasi sehingga bernegosiasi dan berkomitmen lah bersama anggota DPRD

“Jalan poros tim pusat PU sudah turun dari Kecamatan Muara Padang dengan dana 60 miliar hampir rampung akan kita lanjutkan nantinya di Kecamatan Muara Sugihan, jalan dan jembatan sudah kami programkan maka dari itu kami telah bersurat di dinas PU pusat untuk SPD-SDU. Masalah Pendidikan untuk Kecamatan Muara Sugihan tahun 2023 ada 3 kegiatan paud termasuk TK Negeri 1, ada 7 sekolah dari 26 sekolah negeri sudah kita bangun. Kita mulai hari ini sudah membagikan buku tulis, tas untuk kelas 1 SD dan SMP. Untuk kegiatan pembangunan akan kita usulkan di anggaran khusus di tahun 2023-2024,” ungkapnya.

Dilanjutkan Bupati, permintaan dermaga nanti nya kita lanjutkan di tahun 2024 dari dana pokir. Mengenai listrik di Desa Kulo Sugihan nanti akan kami koordinasikan dengan PLN Mariana dan segera buat surat yang ditujukan untuk Bupati agar disampaikan kepada PLN. Mengenai rehab pasar dan pembangunan pasar sampaikan proposal untuk diusulkan di tahun 2024 mendatang.