Pj Gubernur Sumsel Fatoni Beri Pengarahan kepada Seluruh OPD Sumsel

Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni memberikan pengarahan kepada seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemprov. Sumsel dalam rangka evaluasi. Acara dilaksanakan di Auditorium Graha Bina Praja Palembang, Jum’at (6/10/2023).

Dikatakan Fatoni dalam mencapai kinerja pada masing-masing Oragnisasi Perangkat Daerah (OPD) ada tiga model yang harus diperhatikan.

“Agar kinerja masing-masing OPD tercapai, ada 3 (tiga) model yang harus diperhatikan, yang pertama out put apa yang kita hasilkan. Kedua realisasi belanja anggaran. Artinya kalau rendah berarti tidak bagus dan sebaliknya serta yang ketiga perlu inovasi. Apakah meng-upgrade lagi yang telah ada agar lebih bagus dari sebelumnya” ujar Fatoni.

Ditambahkan Fatoni, kita bersama harus menjaga soliditas dan menjaga kekompakan. “Masyarakat menunggu perfomance kita, dan kehadiran Saya sebagai Pj Gubernur merupakan beban moral dalam memimpin Sumsel lebih maju. Dalam mengejar target dalam belanja anggaran, para kepala OPD harus ada gebrakan guna meningkatkan Kinerja. Sayang anggaran sudah disiapkan tapi tidak cepat dilakukan” tambah Fatoni.

“Kenapa kuatir maupun takut dalam penggunaan anggaran, , karena tidak paham aturan serta SDM tidak capable dan harus diadakan monitor evaluasi (Monev) dan itu harus dari Leadership serta harus ada kelebihan dari pemimpin” ucap Fatoni.

Lanjut Fatoni, Adakalanya kita harus tahu penggunaan anggaran biaya yang disebut Belanja Tidak Terduga (BTT) ini kita harus tanggap dimana akan terjadi diluar dugaan adanya pergeseran anggaran dan harus dipenuhi ataupun terjadi pergeseran anggaran seperti bencana seperti karhutla.

Sangat dibutuhkan regulasi, SDM dan sistemnya supaya melejit dengan reformasi birokrasi, Fokus kepada program prioritas persiapkan penanganan karhutla dan terkait Pilkada disiapkan 40 persen untuk persiapan pilkada dan 60 persen tahun 2024 serta persiapan penangangan dana inflasi.

“Perlu akuntabilitas tidak hanya dana serap OPD namun dibutuhkan juga lingkungan nyaman bersih di OPD masing-masing serta perlu publikasi dari OPD masing-masing, jangan hanya senyap. Kepada Kominfo harus ada Web dan Medsos di setiap OPD tapi tidak menonjolkan pribadi tapi kinerja, OPD harus menjaga performance” tutup Fatoni.