Jelang Ramadhan, Pj Gubernur Sumsel Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar

PALEMBANG – Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni meninjau harga dan stok bahan kebutuhan pokok di Pasar Lemabang dan Pasar Sekip di Kota Palembang. Diketahui sejumlah kebutuhan pokok naik seperti beras dan cabai.

Berdasarkan hasil pantauannya di Pasar Lemabang, Fatoni mengatakan harga daging cenderung stabil namun sejumlah komoditi bahan pokok, seperti beras mengalami kenaikan. Kabar gembiranya, beras bermerek SPHP yang disuplai Bulog tidak mengalami kenaikan bahkan cenderung lebih murah dan paling diminati masyarakat.

“Bulog akan mensuplai terus beras SPHP. Masyarakat kalau mau beras yang murah dan harga yang stabil bisa beli beras SPHP,” ujarnya dalam tinjauan, Senin (19/2/2024).

Sebagaimana diketahui, Pemprov Sumsel bersama kabupaten/kota menggelar Operasi Pasar Murah setiap hari Senin, Selasa dan Kamis. Selain itu, Pemprov Sumsel juga mengimbau TNI, Polri, BUMD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bahkan desa dan kecamatan bisa menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan pola yang sama.

Saat ini harga ayam cenderung stabil, yaitu Rp34 ribu/kilogram. Selain itu, harga cabai juga mengalami kenaikan terutama jenis cabai burung.

“Pola ini berulang setiap bulan ruwah menjelang Ramadhan, ada beberapa barang yang naik dan ketika puasa turun. Maka kami Pemerintah melakukan intervensi memberikan subsidi agar harga stabil,” ujarnya.

Guna memudahkan masyarakat membeli sembako dengan harga terjangkau, Fatoni mengimbau mereka memanfaatkan Toko Kebutuhan Pokok (Toko KePo). Di sana, mereka dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga murah di Kantor Dinas Kebutuhan Pangan Provinsi Sumsel. Selain itu, Pemprov Sumsel juga telah memetakan komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan. “Kita petakan dan mana yang naik kita intervensi,” tegasnya.

Selain mengunjungi pasar Lemabang, Fatoni juga meninjau Bazar Murah yang digelar di Datasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 02.04.04 Palembang dalam rangka memperingati HUT Persit Kartika Chandra Kirana ke-78.

Di lokasi ini, Pj Gubernur Agus Fatoni juga meninjau donor darah yang dilakukan prajurit TNI. Dalam kegiatan ini, Fatoni didampingi Kepala Biro Perekonomian Henky Putrawan, Plh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel Henny Yulianti serta Wakil Pemimpin Perum Bulog Wilayah Sumsel dan Babel Elis Nurhayati.