Peringati HKN, HD: Kesehatan Lingkungan Menjadi Tanggungjawab Semua Lapisan Masyarakat

Palembang – Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat  menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022 dengan tema Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku yang diselenggarakan di Lapangan Patra Palembang, Senin (28/11/22).

Ia juga menyebutkan bahwa kesehatan lingkungan sudah menjadi tanggungjawab semua lapisan masyarakat, baik menerapkan pola hidup sehat, menjaga kesehatan diri dan kesehatan lingkungan sekitar.

“HKN kali ini sangatlah penting untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di masa transisi dari pandemi menjadi endemi ini, bagaimana tetap menjaga masyarakat agar tetap sehat baik dari sanitasi dan pola hidup sehat,”ujarnya.

Lanjut HD Kita jangan terus berbicara tentang pengobatan, meskipun pengobatan sangatlah penting, akan tetapi mendahulukan pencegahan adalah cara yang tepat untuk menjaga kesehatan masyarakat. Dirinya minta adanya sinergitas antara nakes dan stakeholder yang berkaitan untuk menjaga keadaan yang telah membaik ini.

Ia juga berpesan untuk para nakes agar dapat bersinergi dengan stakeholder yang berkaitan, kepada para nakes yang telah mendapat penghargaan dengan berperan aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk tetap menjaga dan meningkatkan kontribusi yang telah diberikan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh nakes yang telah berbakti dan bekerja keras untuk memberikan pelayanannya penuh kepada masyarakat yang membutuhkan”, tutupnya.

Kadinkes Prov. Sumsel Dr. Trisnawarman, M. Kes SpKKLP mengatakan Kegiatan kali ini juga lebih mengarah kepada aksi sosial dan pelayanan publik kepada masyarakat, meliputi Pelayanan deteksi dini kanker serviks, pemeriksaan pos Binduk PTM(Penyakit Tidak Menular), Sunatan masal, pemeriksaan mata, pelayanan keluarga berencana, donor darah melalui PMI, dan pemeriksaan kesehatan melalui RSUD Siti Fatimah, dan telah diikuti kurang lebih 1.500 orang.