HD Gandeng PTI Sumsel Implementasikan GSMP dan Regenerasi Petani Muda

Palembang – Hal tersebut terungkap saat Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Tani Indonesia (PTI) Sumatera Selatan periode 2023-2028 dan Diskusi Publik dengan tema Transformasi Peran Pemuda Tani Indonesia dalam Pemanfaatan Teknologi Menuju Sumsel Mandiri Pangan bertempat Auditorium Graha Bina Praja, Jumat, (13/1/2023).

“Yang kita inginkan bahwa petani harus ada jiwa enterpreneur. Tidak boleh dibiarkan petani jadi buruh dilahannya sendiri,” tegasnya.

HD tuturkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) bertujuan mengubah pola pikir masyarakat dari keinginan membeli menjadi penghasil. HD meyakini jika PTI dapat  memberikan keteladan dalam implementasinya, GSMP akan memberikan dampak yang lebih luas lagi dan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Namun memang butuh waktu mentransformasi  mindset masyarakat itu, dan kita mulai dulu dari langkah kecil. Serta jangan lagi berpikir bahwa petani selalu bertangan kasar, padahal saat ini bertani dapat dilakukan secara modernisasi,” katanya.

Sebelumnya, HD mengapresiasi sekaligus mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus PTI. Sebagai langkah awal setelah pelantikan.

“Saya berharap PTI dapat menentukan peran apa yang akan diambil dalam upaya memajukan sektor pertanian di daerah kemudian meregenerasi petani. Menurutnya sektor pertanian terdiri dari budidaya juga ada proses pemasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Tani Indonesia Prov Sumsel, Adzanu Getar Nusantara SH, MH, ungkapkan PTI adalah organisasi yang merupakan wadah anak muda untuk  meregenerasi para petani dengan usia produktif dalam rangka menjaga ketahanan pangan beberapa tahun kedepannya. Juga menumbuhkan minat generasi muda untuk bertani.

“Kami juga berdiri untuk mendukung program Pemerintah salah satunya program Gubernur HD GSMP” Ujarnya.