Usai Pensiun di Formula 1, Fernando Alonso Ingin Berkarier di Reli Dakar

Palembang – Fernando Alonso mengatakan bahwa dirinya menyimpan minat untuk berkarier di balap Reli Dakar. Pembalap Aston Martin tersebut kemungkinan bakal banting setir ke Reli Dakar jika kariernya sudah berakhir di Formula 1.

Alonso sendiri sebenarnya pernah mencicipi kompetisi Indy500 pada 2017, 2019 dan 2020. Ketika itu dirinya tergabung ke dalam tim McLaren. Menurutnya, sulit untuk tampil di kompetisi tersebut.

“Saya mungkin memerlukan beberapa upaya dan berkomitmen penuh untuk tujuan ini (kembali ke Indy500),” kata Alonso seperti dilansir dari situs berita olahraga Speedweek.

“Saya mungkin harus berkompetisi dalam beberapa balapan oval sebelumnya. Dan mungkin saya akan kehilangan dedikasi mutlak itu ketika saya mengakhiri karier Formula 1 saya kali ini,” tambah sang pembalap.

Lebih lanjut pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut belum mengetahui kapan dirinya akan pensiun dari Grand Prix Formula 1. Alonso memprediksi bahwa kariernya di Formula 1 masih bertahan hingga empat tahun mendatang.

“Setelah itu, saya mungkin akan mengikuti Reli Dakar. Setelah memenangkan balapan 24 Hours of Le Mans, Daytona dan Indy500, akan unik jika saya cukup beruntung untuk memenangkan Dakar juga. Ini kebalikan dari Formula 1 dan itulah mengapa saya sangat menyukai Dakar,” jelas dia.

Namun saat ini Alonso lebih memilih untuk fokus bersama Aston Martin di Grand Prix Formula 1 2023. Terlebih dirinya mulai memperlihatkan penampilan gemilang sejak awal musim, di mana ia mampu meraih podium sebanyak empat kali hingga seri kelima.

“Setelah kepergian saya, saya mungkin bisa membantu tim karena saya memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam olahraga ini. Tapi saya tidak tahu apakah itu mungkin. Selain itu, saya mungkin masih bisa bersenang-senang dengan beberapa partisipasi Dakar,” tutup dia.