Pemprov Sumsel Terima Dukungan Operasional Penanganan Darurat Karhutlah

Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menerima bantuan dukungan operasional penanganan darurat bencana asap akibat kabakaran hutan dan lahan (karhutlah) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) senilai Rp. 4,5 M dan bantuan peralatan penanganan karhutlah Provinsi Sumsel bertempat di Auditorium Graha Bina Praja, Selasa, (12/9/2023)

Bantuan diberikan oleh Kepala BNPB RI, Letnan TNI Suharyanto, S.Sos., MM., kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menghadiri Rapat Koordinasi (rakor) Penanganan Bencana Karhutla di Sumatera Selatan.

HD harapkan bantuan ini akan memberikan semangat baru bagi satgas dan BPBD Sumsel dalam penanggulangan karhutlah di Sumsel. Diungkapkan HD, Sumsel memiliki beberapa daerah dengan lahan gambut yang luas. Dan hampir semua lahan yang terbakar adalah lahan gambut yang terbengkalai.

“Dari tahun-ketahun kita selalu siaga. Dikota juga telah ada giant screen yang menginformasikan tingkat pencemaran udara. Dari sebelumnya dan per hari ini asap yang ada masih fluktuatif dan masih dikategorikan terkendali,” ujarnya.

Selanjutnya, HD harapkan upaya penanggulanhan karhutlah terus dioptimalkan pada pencegahan. Dan pada titik api yang ada kita juga berusaha memadamkan api sesegera mungkin melalui jalur darat dan udara dengan dukungan dari semua pihak.