Pj Gubernur Sumsel Fatoni Terima Audiensi Rektor UIN Raden Fatah Palembang

Palembang – Begitu mendarat di Bandara SMB II Palembang, Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni langsung menerima Rektor dan Jajaran Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dalam rangka audiensi terkait Rangkaian Kegiatan Hari Santri Nasional 2023. Audiensi berlangsung di VIP Room SMB II Palembang, Selasa (10/10/2023).

Dalam Audiensi tersebut Rektor UIN Raden Fatah Prof Nyayu Khadijah menyampaikan maksud dan tujuannya atas rencana menyelenggarakan Expo Kemandirian Pesantren dalam rangka memperingati Hari Santri Tahun 2023. Expo ini sendiri akan digelar mulai tanggal 18-20 Oktober mendatang di Kampus UIN RF Palembang Jakabaring.

Fatoni mendukung rencana UIN RF menggelar Expo Kemandirian Pesantren dalam rangka memeriahkan Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Ia berharap, expo ini akan semakin mensyiarkan Islam di kalangan mahasiswa dan juga masyarakat secara umum.

“Saya senang kalau melihat daerah kita ini damai, tentram dan kondusif. Dan jangan sampai seperti di beberapa daerah yang ada demo maupu  aksi anarkis. Untuk menjaga ini juga ada peran dunia pendidikan. Semoga melalui peringati ini akan semakin mensyiarkan Islam dan menyebarluaskan semangat kemandirian,” ujar Fatoni.

Prof Nyayu Khadijah juga bermaksud untuk mengundang PJ Gubernur Sumsel untuk melaunching terjemahan Al’quran dalam bahasa Palembang versi Digital pada 19 Oktober 2023 mendatang.

Menurut Nyanyu Expo adalah bagian dari Program Kementerian Agama untuk mensupport para pesantren agar semakin mandiri melalui bantuan dana inkubasi. Menurutnya saat ini 62 pesantren telah tercatat mendapatkan bantuan tersebut.

“Melalui expo ini kita akan melihat sejauh mana keberhasilan pesantren. Nanti di expo ini ada pameran mereka ada pameran udaha pertanian, peternakan dan banyak lagi yang lain,” jelasnya.