HD: Sediakan Layanan Publik Bagi Kaum Tuna Rungu di Semua Institusi di Sumsel

Palembang – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) membuka peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional (HBII) Tahun 2022 dengan tema Bahasa Isyarat Menyatu Kita yang diselenggarakan oleh Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Sumsel bertempat di Griya Agung Palembang, Minggu, (25/9/2022).

“Saya merasa bangga sekali pagi hari ini saya dapat menyaksikan secara langsung upaya baik dari perorangan maupun institusi dalam mendukung gerakan dan memberikan inovasi – inovasi untuk menyetarakan kaum tuli dengan yang non tuli”, ucap HD saat mengawali sambutannya.

HD juga mengapresiasi atas kinerja Ketua Umum DPD Gerkatin Sumsel, Iwan Oktarianto yang telah membangun kepercayaan terhadap semua institusi dan perorangan untuk dapat terus mendukung dan mensosialisasikan bahasa isyarat kepada masyarakat.

“Di hari peringatan ini, mengingatkan kita bahwa banyak sekali masyarakat kita butuh layanan seperti ini, guna memberikan informasi kepada mereka yang berkebutuhan khusus dan ini sudah mulai kita terapkan disemua tempat pelayanan publik yang ada di Sumatera Selatan”, ungkap HD.

HD juga menegaskan bahwa setiap instansi pemerintah harus menyediakan sumber daya manusia yang non tuli untuk mempelajari bahasa isyarat, hal ini perlu dilakukan agar setiap instansi  dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi mereka yang berkebutuhan khusus.

HD juga meminta agar semua pihak dapat bekerjasama dalam mendukung dan mensosialisasikan tentang gerakan peduli kaum tuli agar kesetaraan terhadap mereka dapat segera terwujud.

“Saya sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi – tingginya atas apa yang telah dilakukan dan dicapai oleh Gerkatin dan juga kepedulian institusi maupun perorangan terhadap kaum tuna rungu yang ada di Sumatera Selatan”, tutup HD.