Wanita Tani Nelayan 2023-2028 Dikukuhkan, HD: Bantu Jaga Ketahanan Pangan Sumsel

Palembang – Gubernur Sumsel H. Herman Deru Melantik dan Mengukuhkan Pengurus Wanita Tani Nelayan Prov. Sumsel Masa Bhakti 2023-2028 dan Membuka Kegiatan Pelatihan dan Evaluasi Pendamping Petugas Teknis Peningkatan Produksi Peternakan Prov. Sumsel Tahun 2023 bertempat di Swarna Dwipa Palembang, Senin (21/8/2023).

HD dalam sambutannya mengatakan sebagai Pembina KTNA dirinya merasa terhormat dapat melantik Pengurus Wanita Tani Periode 2023 -2028.

“Organisasi ini super mulia, karena berkaitan dengan kesajehteraan orang banyak khususnya para wanita tani dan nelayan. Produknya untuk seluruh masyarakat  atas nama pribadi, atas nama Pemprov Sumsel apresiasi yang setinggi-tingginya” ujar HD.

HD menambahankan, Ibu-ibu tidak menyadari mungkin disaat kita diseluruh dunia ini menghadapi krisis elnino, bahkan ada satu negara yang sudah mengalami krisis langsung karena extremenya iklim , kemarau kering.

“Tapi para ibu dalam organisasi ini siap berhadapan dengan perubahan kerasnya iklim ini, membimbing para petani di sumsel yang mendominasi sebagian besar profesi masyarakat.  Petani yang punya sumbangsih atau kontribusi terhadap ketahanan pangan, kecukupan pangan kedaulatan pangan. Kalau tidak didirikan organisasi-organisasu seperti ini tidak ada yang mengurus” tambah HD.

HD juga mengatakan jikan Sumsel  selalu unggul dalam peningkatan produksi pangan,  terakhir 5 besar seluruh indonesia dari 8 sebelumnya.

“Peran siapa lagi kalau bukan peran Petani, Pemerintah Hanya Memberi Stimulasi.  Sekali lagi saya ingatkan Tugas ibu-ibu adalah memotivasi . Walau ada tersedia aplikasi, namun banyak petani kita yang mungkin belum menggunakan android , jadi mereka tidak bisa  bagaimana mendapatkan alokasi, maka ibu-ibu inilah yang membantu . Ajak petani bergabung dengan adik-adik hebat penyuluh ini, yang membidangi utk dapat dibuatkan pelatihan-pelatihan atas nama KTNA.