Pj Gubernur Fatoni Ingatkan Kades Untuk Tingkatkan Kapasitas Agar Dapat Jalankan Tugas Dengan Baik

Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni menghadiri Sekaligus Membuka Bimbingan Teknis Infrastruktur Desa Kabupaten Musi Banyuasin (Ballroom Hotel Beston Palembang, Senin (26/02/2024).

Acara Bimtek Ini berlangsung Selama 5 hari, mulai Tanggal 26 Februari sd 5 Maret 2024.  Dilaksanakan 2 ( Dua) Gelombang dan siikuti sebanyak 458 orang Perangkat Desa.

Dalam sambutannya Fatoni mengatakan kegiatan semacam ini penting untuk meningkatkan Kapasitas Kepala Desa , karena tanpa bekal yang cukup, tanpa ilmu yang cukup kita tidak dapat menjalankan tugas dengan baik .

“Infrastruktur Desa penting , keuangan juga  penting, maka saya pesan kepada semua Kepala Desa jangan berhenti belajar.  Pelajari semua aturan , semua regulasi, karena dengan aturan itulah yang akan menyelamatkan kita semua.  Jadi terus tingkatkan kapasitas” ujar Fatoni.

Menurut Fatoni, Kepala Desa adalah unsur terdepan dalam penyelenggaraan pemerintahan . Seperti dalam program pemerintah  tentang penanggulangan Stunting , pemberian bantuan keluarga yang stunting harus dikontrol, tugas Kepala Desa memastikan bayi stunting dapat makanan bergizi setiap hari selama 6 bulan.

“Di Desa ada rumah-rumah yang tidak layak, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah mencanangkan program bedah rumah dan perbaikan sanitasi. Dan  akan membedah 8391 rumah diseluruh Sumsel ,

Sementara itu, Pj Bupati Muba H. Apriyadi mengatakan  melalui kegiatan seperti ini selain dapat mengantarkan kesejahteraan masyarakat desa, juga dapat menjadikan pedesaan di Muba mandiri.