Pj Gubernur Sumsel Fatoni Tegaskan Kelurahan Penting Tingkatkan Kinerja Dalam Pelayanan Publik

Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni menghadiri dan memberikan materi pada Diklat Peningkatan Kapasitas Lurah Se- Sumatera Selatan Tahun 2023 dilaksanakan di Aula Putri Kembang Dadar, Kantor BPSDMD Prov. Sumsel.l, Rabu (1/10/2023).

Membuka paparannya, Fatoni menyampaikan bahwa Optimalisasi Kinerja Kelurahan Dalam Pelayanan Publik merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena Lurah ataupun Kepala Desa merupakan ujung tombak Pemerintah dalam memberikan pelayanan dan mengatasi persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.

“Semakin banyak ilmu yang dipelajari semakin luas wawasan yang dimiliki. Kalau kita banyak belajar maka wawasan kita sangat luas, begitu juga dengan banyaknya kita berkunjung kesuatu daerah maka luas pula wawasan kita”, tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa dalam bekerja harus memegang tiga prinsip, pertama bekerja harus benar, dalam artian bekerja harus sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku, kedua dalam bekerja harus baik, sesuai dengan etika, tata krama dan sopan santun serta kebiasaan setempat. Dan yang terakhir bekerja juga harus indah, indah itu menyangkut tata letak, tata bentuk, tata warna, dan tutur kata.

“Kalau ketiga hal ini kita lakukan maka bapak ibu sekalian akan menemukan kesuksesan dalam bekerja. Janganlah kita mengikuti sesuatu kebiasaan yang kita tidak mengetahui akan alasan penggunaannya”, tuturnya.

Sebelum mengakhiri materinya, Fatoni menegaskan dalam bertugas ada sesuatu yang perlu ditingkatkan yaitu kapasitas diri, kemampuan diri.

“Kita harus lebih baik hari ini dibandingkan kemarin, setiap hari harus ada perubahan. Bapak/Ibu Lurah jadilah orang yang solutif, jangan menyalahkan permasalahan, jadilah solusi dalam mengatasi persoalan – soalan”, tutupnya.